BAB XV
Program Pay-Per-Click
Barangkali AdSense adalah cara paling mudah untuk
menghasilkan pendapatan dengan situs web Kalian, aku tahu ia telah mendatangkan uang dalam
jumlah yang fantastis kepada aku namun tentu saja ia bukanlah satu-satunya cara
di mana Kalian bisa mendapatkan uang dengan program pay-per-click.
Dalam bab ini, kita akan meninjau beberapa program
lain yang mungkin bisa Kalian ikuti selain AdSense. Harap diingat bahwa Google
TOS tidak memperbolehkan periklanan yang berbasis konteks
pada halaman yang sama
dengan AdSense.
1. AdBrite
Layanan terbesar Google adalah menyajikan iklan yang
kontekstual. Program mereka mencek konten situs Kalian dan mengirimkan iklan
yang menurut perkiraan mereka akan disukai oleh pengunjung situs Kalian itu. Adbrite
jauh lebih sederhana.
Ide di balik AdSense adalah bahwa orang cenderung
meminta situs-situs populer untuk mengiklankan link mereka. Barangkali hal
tersebut pernah terjadi pada Kalian. Daripada minta pertukaran link, Kalian
dapat minta uang.
Adbrite adalah clearing house bagi situs-situs yang
ingin menjual spasi iklan pada halaman situs mereka dan bagi para pengiklan
yang ingin memilih di mana iklan mereka ingin ditempatkan.
Bagi para pengiklan, keuntungan yang didapat di atas
Google adalah mereka tahu persis di mana iklan mereka ditampilkan dan beberapa banyak
persisnya uang yang dikeluarkan.
Bagi para publisher – seperti Kalian – harus menset
rate iklan Kalian sendiri, dan Kalian punya hak untuk menyetujui atau menolak
setiap iklan sebelum ia ditampilkan di situs Kalian. Ini memberi Kalian
kekuatan untuk memilih iklan Kalian dan harga Kalian dibandingkan bergantung
pada apa pun yang diberikan oleh Google kepada Kalian. Itulah
keuntungan-keuntungannya. Kekurangannya adalah bahwa hampir semua orang
menemukan bahwa AdSense membayar lebih banyak dan Kalian tak dapat menempatkan
keduanya (AdSense dan AdBrite) pada halaman yang sama.
Kalian dapat mempelajari lebih banyak tentang
Adbrite di www.adbrite.com.
2. Kanoodle Bright Ads
Layanan Kanoodle BrightAds mirip dengan Google. Ia
adalah sebuah search engine yang mengirimkan iklan yang kontekstual kepada
situs- situs web para publisher.
Kontekstualitasnya tak seakurat Google namun
BrightAds menawarkan sejumlah opsi yang tak ditawarkan oleh Google atau belum
sampai saat ini. Program periklanan RSS-nya telah berjalan, ia memfokuskan pada
situs-situs lokal yang barangkali lebih menarik bagi bisnis dengan pasar lokal
(atau situs-situs dengan konten local interest) dan ia juga melayani iklan yang
berkaitan dengan perilaku user yang sebelumnya. Jika seorang user mengunjungi banyak
situs tentang real estate, misalnya, ia dapat terus menerima iklan tentang real
estate bahkan jika di ada sudah pindah ke situs tentang olah raga. Itu berarti
situs Kalian dapat menampilkan iklan yang tak ada hubungannya dengan konten Kalian.
Itu semua materi kreatifnya dan menyenangkan melihat adanya ide-ide baru. Namun
lebih menyenangkan lagi melihat pendapatan yang bersaing dengan Google dan aku
belum pernah mendengar ada orang yang mendapat penghasilan yang lebih besar
dari BrightAds dibandingkan apa yang dapat mereka peroleh dengan Google.
BrightAds mungkin pantas dilihat jika Kalian ingin
mendapatkan penghasilan dengan RSS feed Kalian namun aku tak yakin mereka akan mendatangkan
kekhawatiran bagi Google.
Tentang Kanoodle BrightAds dapat Kalian pelajari di http://www.kanoodle.com/about/brightads.cool
3. Searchfeed
Searchfeed barangkali adalah salah satu alternatif
terbaik atas Google. Cara kerjanya mirip dengan Google, menyediakan iklan yang
kontekstual kepada para pengiklan. Mereka juga menawarkan layanan geotargeting yang
memberi mereka jangkauan berskala global, sangat berguna bila Kalian berbasis
di luar Amerika Serikat.
Kalian dapat mengintegrasikan iklan dengan mulus ke
dalam situs Kalian, baik dengan cara memotong dan menempelkan HTML dari situs
mereka atau bahkan dengan meminta kepada para spesialis mereka untuk membantu Kalian
meningkatkan CTR Kalian. Dan mereka memiliki reputasi bagus dalam hal membayar
tepat waktu. Apakah mereka akan memberi Kalian uang dalam jumlah yang lebih
besar
daripada Google adalah masalah lain. Satu-satunya
cara untuk menemukan jawabannya adalah dengan mencobanya namun jika Kalian mendapati
bahwa Kalian sudah mendapatkan layanan yang bagus dari Google, maka untuk apa
repot-repot lagi?
Jika, karena suatu alasan, Kalian tak ingin
menggunakan Google atau tak dapat menggunakan Google, maka Kalian dapat
menjadikan Searchfeed sebagai sebuah alternatif yang bagus.
Untuk mempelajari Searchfeed lebih rinci kunjungi di
www.searchfeed.com
4. Yahoo Publisher Network
Akan terjadi, cepat atau lambat. Bagaimanapun,
Yahoo! masih menjadi situs yang paling banyak dikunjungi orang di web,
menjadikannya sebagai kekuatan yang harusdiperhitungkan. Apalagi setelah
mengakuisisi Overture.com, Yahoo! sedang dalam proses untuk meluncurkan “YahooSense”
(aku suka menyebutnya begitu). Programnya sedang dalam masa uji coba dengan
beta ketika tulisan ini sedang dibuat, namun Kalian sudah bisa mendaftar agar
mendapat notifikasi jika program ini sudah diaktifkan di http://publisher.yahoo.com/
Jensense.com senantiasa mengikuti perkembangan mutakhir mengenai niche ini,
maka ceklah halaman ini untuk mendapat informasi yang lebih berguna berkaitan
dengan YPN.
http://www.jensense.com/archives/yahoo_publisher_network/
Ayo semangat..!!!! lanjut saja ke Bab XVI nya ya.!
Terimakasih / mator
skalangkong