2 March 2014

Optimasi Search Engine

BAB XVII
Optimasi Search Engine

 Pada bab sebelumnya, aku sudah membicarakan tentang sejumlah cara yang berbeda agar Kalian dapat meningkatkan traffic Kalian. Namun mungkin metode yang paling penting adalah mendapatkan ranking yang tinggi di search engine. Yaitu traffic gratis. Lagi, ada beragam buku dan pakar yang dapat membantu Kalian memperbaiki SEO Kalian dan mendapatkan tempat paling atas pada sebuah situs. Aku pernah melakukan sejumlah strategi yang dapat membantu Kalian memperbaiki ranking
Kalian. Aku ingin berbagi informasi ini dengan Kalian sekarang.

1. Robot.txt

Hal pertama yang perlu Kalian ketahui tentang pengindeksan situs Kalian di search engine adalah bahwa Kalian mengontrol halaman mana saja yang diindeks dan mana yang tidak. Kalian melakukan hal itu dengan sebuah file yang disebut robots.txt.
Robot.txt berisi tak lebih dari sebuah catatan tentang robot mana yang mesti mengindeks halaman mana. Tanpa perlu melangkah terlalu rinci lagi, ada 2 kesepakatan umum yang
dipakai dalam file robots.txt:
User-agent: [mendefinisikan/menentukan robot mana yang menuju kesitus itu]
Disallow: [memberi Kalian kontrol untuk menentukan daftar situs atau robot yang Kalian inginkan untuk dikecualikan dari pengindeksan]
Secara umum, kemungkinan Kalian akan menggunakan “User-agent: *” guna memastikan bahwa Kalian memberi arahan kepada robot dari setiap search engine dan mungkin Kalian ingin memasukkan semua halaman situs Kalian (walaupun Kalian mungkin ingin mengecualikan direktori-direktori Kalian: “Disallow: /cgi.bin/”). Robot.txt hanya memperbolehkan Kalian mengontrol robot mana yang mengindeks halaman mana. Penting memiliki ini di dalam direktori Kalian namun ia takkan benar-benar meningkatkan ranking search engine Kalian. Judul, URL dan link jauh lebih penting.

2. Judul dan URL

Aku sebut kembali pada bab 2 bahwa Metatag sudah tak lagi seperti dulu. Juga aku katakan bahwa yang penting adalah judul dan URL Kalian mengandung kata kunci yang paling penting untuk setiap halaman situs Kalian agar tetap mendapat kiriman iklan yang relevan. Namun judul dan URL tersebut bukan hanya mempengaruhi iklan yang Kalian terima; keduanya juga mempengaruhi ranking Kalian di search engine.
Sebuah halaman tentang toy cars yang diberi nama cars.html bisa mendapat ranking yang rendah jika seseorang mencari informasi tentang cars. Ubahlah namanya dengan toy_cars.html dan akan mendapat ranking yang lebih tinggi jika ada seseorang yang mencari
“toy cars”.
Makin relevan URL Kalian dan makin mudah dibaca, maka makin baik pula. www.domain.com/page lebih baik daripada http://www.domain.com/page.php?newsid=1234583373. Itulah sebabnya dibandingkan serangkaian angka yang akan membuat bingung robot. Salah satu tempat pertama yang hendaknya Kalian lihat jika Kalian ingin memperbaiki ranking Kalian adalah judul dan URL Kalian.

3. Link

Makin banyak link yang Kalian miliki makin baik. Dan makin bagus situs- situs yang memasang link tersebut maka akan lebih bagus juga. Bertukar link dan meminta link adalah satu hal, namun yang paling penting adalah bagaimana agar link-link Kalian bisa berada di situs-situs yang tampak bagus dan memiliki ranking yang tinggi. Sesungguhnya, bila link
Kalian berada di situs yang ranking-nya rendah dapat menyeret ranking Kalian ikut turun pula. Salah satu tempat terbaik untuk memasang link guna memperbaiki ranking search engine Kalian adalah di forum-forum. Ikutlah menuliskan komentar dan sertakan URL Kalian beserta tkalian-tangan Kalian. Spider-spider Google menyukai situs-situs forum dan melakukan review ke tempat-tempat tersebut setiap pekan. Dan karena situs-situs ini cenderung punya ranking yang lumayan tinggi, maka postingan-postingan Kalian tadi akan memberikan keajaiban yang luar biasa bagi ranking Kalian di search engine. Kalian juga dapat membeli link di situs-situs seperti http://www.adzaar.com, http://www.adbrite.com dan http://www.linkadage.com. Ketiga situs ini memberi Kalian kebebasan untuk memilih situs-situs mana saja yang ingin Kalian pasangi link Kalian.

4. Buat Gateway

Umumnya, link-link Kalian akan langsung mengarah ke home page Kalian. Di sanalah Kalian melihat situs Kalian pada halaman depan / awal dan di sanalah Kalian ingin agar pengunjung masuk. Tapi jika konten yang ingin dilihat oleh user ternyata berada pada salah
satu halaman bagian dalam, tak ada alasan bagi mereka untuk meng-klik kesana-kemari guna mencapai tujuan mereka. Isilah halaman tersebut dengan kata kunci yang berkaitan dengan konten pada halaman itu dan halaman itu pun akan memiliki rankingnya sendiri di search engine dan iklan yang tepat sasaran. Maka jika Kalian punya sebuah situs tentang kucing dan salah satu halaman Kalian tentang makanan kucing, maka sangat logis untuk memasukkan banyak kata kunci makanan kucing pada halaman tersebut. Dengan demikian Kalian akan mendapat iklan-iklan tentang makanan kucing dan ranking yang tinggi di search engine jika ada orang yang mencari “makanan kucing” dibandingkan orang yang hanya ingin tahu
tentang “kucing”.

5. Automatic Submission 
Mendaftarkan situs Kalian ke semua search engine dari Google dan
Yahoo! terus ke bawah hingga search engine yang kecil-kecil, dan melakukan optimasi setiap halaman situs Kalian agar dapat ranking yang tinggi bisa jadi pekerjaan yang sangat menyita waktu dan tenaga. Kalian pun harus terus mendaftarkan situs tersebut secara teratur dan senantiasa mencek posisi Kalian jika Kalian ingin tetap berada di tempat yang tinggi.
Search engine selalu melakukan re-indeks dan re-organisasi / penataan ulang. Sebuah situs yang berada pada urutan paling atas pada suatu pekan bisa turun posisinya cukup jauh sepekan berikutnya. (Berita bagus jika turunnya pelan, tak begitu bagus jika Kalian sudah menghabiskan berjam-jam untuk mengubah halaman situs agar naik ke atas.)
Itulah sebabnya mengapa banyak webmaster melakukan outsourcing SEO mereka sehingga mereka dapat konsentrasi sepenuhnya pada konten.
Secara pribadi, aku pikir itu buang-buang waktu. Hanya Google, Yahoo!
dan MSN saja yang penting, secara urut.

6. SEO Tool

Ada sejumlah tool yang aku rekomendasikan untuk membantu optimasi search engine. Yang pertama adalah Google Toolbar, yang akan membantu Kalian untuk mengikuti rekaman ranking Kalian. Kalian dapat mendownload-nya dengan gratis di http://toolbar.google.com/googlebar.html Kalian bisa mempelajari lebih banyak tentang SEO Elite dan mendapatkan copy Kalian di http://www.adsense-secrets.com/seoelite.html
Reciprocal Manager. Sebagaimana disebutkan di atas, Reciprocal Manager mengambil alih banyak urusan yang bikin pusing kepala dalam hal menata link-link Kalian. Sementara Kalian terus melakukan optimasi situs Kalian, Kalian akan mendapati bahwa Kalian
mendapatkan lebih banyak lagi link Kalian yang terpasang di situs-situs lain dan menerima
permintaan untuk memarkir link dari situs lain di situs Kalian. Reciprocal Manager menciptakan direktori link yang tampak profesional dan tertata rapi sehingga bagus bagi Kalian dan mitra link Kalian dan juga para pengunjung Kalian.
Program ini juga memberi Kalian kebebasan untuk menawarkan kepada situs-situs lain pilihan dalam hal bagaimana menempatkan link mereka pada lebih dari satu situs pada saat yang bersamaan dan, yang terpenting, mencari situs-situs lain untuk bertukar link berdasarkan kata atau frasa yang dicari. Kalian bisa mempelajari lebih banyak tentang Reciprocal Manager di: http://www.adsense-secrets.com/reciprocalmanager.html
Stomping The Search Engines. Kalian bisa mempelajari lebih banyak tentang Stomping the search Engine di: http://www.adsense-secrets.com/seoexpert.html



Ayo semangat..!!!! lanjutsaja ke Bab XVIII nya ya.! 
Terimakasih / mator skalangkong  

ViralGen Referral Shopping

ViralGen Referral Shopping