BAB XVII
Optimasi Search Engine
Pada bab sebelumnya, aku sudah membicarakan tentang sejumlah cara yang berbeda agar Kalian dapat meningkatkan traffic Kalian. Namun mungkin metode yang paling penting adalah mendapatkan ranking yang tinggi di search engine. Yaitu traffic gratis. Lagi, ada beragam buku dan pakar yang dapat membantu Kalian memperbaiki SEO Kalian dan mendapatkan tempat paling atas pada sebuah situs. Aku pernah melakukan sejumlah strategi yang dapat membantu Kalian memperbaiki ranking
Kalian. Aku ingin berbagi informasi ini dengan Kalian sekarang.
1. Robot.txt
Hal pertama yang perlu Kalian ketahui tentang
pengindeksan situs Kalian di search engine adalah bahwa Kalian mengontrol
halaman mana saja yang diindeks dan mana yang tidak. Kalian melakukan hal itu
dengan sebuah file yang disebut robots.txt.
Robot.txt berisi tak lebih dari sebuah catatan
tentang robot mana yang mesti mengindeks halaman mana. Tanpa perlu melangkah
terlalu rinci lagi, ada 2 kesepakatan umum yang
dipakai dalam file robots.txt:
User-agent: [mendefinisikan/menentukan robot mana
yang menuju kesitus itu]
Disallow: [memberi Kalian kontrol untuk menentukan
daftar situs atau robot yang Kalian inginkan untuk dikecualikan dari
pengindeksan]
Secara umum, kemungkinan Kalian akan menggunakan
“User-agent: *” guna memastikan bahwa Kalian memberi arahan kepada robot dari
setiap search engine dan mungkin Kalian ingin memasukkan semua halaman situs Kalian
(walaupun Kalian mungkin ingin mengecualikan direktori-direktori Kalian:
“Disallow: /cgi.bin/”). Robot.txt hanya memperbolehkan Kalian mengontrol robot
mana yang mengindeks halaman mana. Penting memiliki ini di dalam direktori Kalian
namun ia takkan benar-benar meningkatkan ranking search engine Kalian. Judul,
URL dan link jauh lebih penting.
2. Judul dan URL
Aku sebut kembali pada bab 2 bahwa Metatag sudah tak
lagi seperti dulu. Juga aku katakan bahwa yang penting adalah judul dan URL Kalian
mengandung kata kunci yang paling penting untuk setiap halaman situs Kalian
agar tetap mendapat kiriman iklan yang relevan. Namun judul dan URL tersebut
bukan hanya mempengaruhi iklan yang Kalian terima; keduanya juga mempengaruhi
ranking Kalian di search engine.
Sebuah halaman tentang toy cars yang diberi nama
cars.html bisa mendapat ranking yang rendah jika seseorang mencari informasi tentang
cars. Ubahlah namanya dengan toy_cars.html dan akan mendapat ranking yang lebih
tinggi jika ada seseorang yang mencari
“toy cars”.
Makin relevan URL Kalian dan makin mudah dibaca,
maka makin baik pula. www.domain.com/page lebih baik daripada http://www.domain.com/page.php?newsid=1234583373.
Itulah sebabnya dibandingkan serangkaian angka yang akan membuat bingung robot.
Salah satu tempat pertama yang hendaknya Kalian lihat jika Kalian ingin memperbaiki
ranking Kalian adalah judul dan URL Kalian.
3. Link
Makin banyak link yang Kalian miliki makin baik. Dan
makin bagus situs- situs yang memasang link tersebut maka akan lebih bagus
juga. Bertukar link dan meminta link adalah satu hal, namun yang paling penting
adalah bagaimana agar link-link Kalian bisa berada di situs-situs yang tampak
bagus dan memiliki ranking yang tinggi. Sesungguhnya, bila link
Kalian berada di situs yang ranking-nya rendah dapat
menyeret ranking Kalian ikut turun pula. Salah satu tempat terbaik untuk
memasang link guna memperbaiki ranking search engine Kalian adalah di
forum-forum. Ikutlah menuliskan komentar dan sertakan URL Kalian beserta tkalian-tangan
Kalian. Spider-spider Google menyukai situs-situs forum dan melakukan review ke
tempat-tempat tersebut setiap pekan. Dan karena situs-situs ini cenderung punya
ranking yang lumayan tinggi, maka postingan-postingan Kalian tadi akan
memberikan keajaiban yang luar biasa bagi ranking Kalian di search engine. Kalian
juga dapat membeli link di situs-situs seperti http://www.adzaar.com, http://www.adbrite.com
dan http://www.linkadage.com. Ketiga situs ini memberi Kalian kebebasan untuk
memilih situs-situs mana saja yang ingin Kalian pasangi link Kalian.
4. Buat Gateway
Umumnya, link-link Kalian akan langsung mengarah ke
home page Kalian. Di sanalah Kalian melihat situs Kalian pada halaman depan /
awal dan di sanalah Kalian ingin agar pengunjung masuk. Tapi jika konten yang
ingin dilihat oleh user ternyata berada pada salah
satu halaman bagian dalam, tak ada alasan bagi
mereka untuk meng-klik kesana-kemari guna mencapai tujuan mereka. Isilah
halaman tersebut dengan kata kunci yang berkaitan dengan konten pada halaman
itu dan halaman itu pun akan memiliki rankingnya sendiri di search engine dan iklan
yang tepat sasaran. Maka jika Kalian punya sebuah situs tentang kucing dan
salah satu halaman Kalian tentang makanan kucing, maka sangat logis untuk memasukkan
banyak kata kunci makanan kucing pada halaman tersebut. Dengan demikian Kalian
akan mendapat iklan-iklan tentang makanan kucing dan ranking yang tinggi di
search engine jika ada orang yang mencari “makanan kucing” dibandingkan orang
yang hanya ingin tahu
tentang “kucing”.
5. Automatic Submission
Mendaftarkan situs Kalian ke
semua search engine dari Google dan
Yahoo! terus ke bawah hingga search engine yang
kecil-kecil, dan melakukan optimasi setiap halaman situs Kalian agar dapat
ranking yang tinggi bisa jadi pekerjaan yang sangat menyita waktu dan tenaga. Kalian
pun harus terus mendaftarkan situs tersebut secara teratur dan senantiasa mencek
posisi Kalian jika Kalian ingin tetap berada di tempat yang tinggi.
Search engine selalu melakukan re-indeks dan
re-organisasi / penataan ulang. Sebuah situs yang berada pada urutan paling
atas pada suatu pekan bisa turun posisinya cukup jauh sepekan berikutnya.
(Berita bagus jika turunnya pelan, tak begitu bagus jika Kalian sudah
menghabiskan berjam-jam untuk mengubah halaman situs agar naik ke atas.)
Itulah sebabnya mengapa banyak webmaster melakukan
outsourcing SEO mereka sehingga mereka dapat konsentrasi sepenuhnya pada konten.
Secara pribadi, aku pikir itu buang-buang waktu.
Hanya Google, Yahoo!
dan MSN saja yang penting, secara urut.
6. SEO Tool
Ada sejumlah tool yang aku rekomendasikan untuk
membantu optimasi search engine. Yang pertama adalah Google Toolbar, yang akan membantu
Kalian untuk mengikuti rekaman ranking Kalian. Kalian dapat mendownload-nya
dengan gratis di http://toolbar.google.com/googlebar.html Kalian bisa
mempelajari lebih banyak tentang SEO Elite dan mendapatkan copy Kalian di
http://www.adsense-secrets.com/seoelite.html
Reciprocal Manager. Sebagaimana disebutkan di atas,
Reciprocal Manager mengambil alih banyak urusan yang bikin pusing kepala dalam
hal menata link-link Kalian. Sementara Kalian terus melakukan optimasi situs Kalian,
Kalian akan mendapati bahwa Kalian
mendapatkan lebih banyak lagi link Kalian yang terpasang
di situs-situs lain dan menerima
permintaan untuk memarkir link dari situs lain di situs
Kalian. Reciprocal Manager menciptakan direktori link yang tampak profesional
dan tertata rapi sehingga bagus bagi Kalian dan mitra link Kalian dan juga para
pengunjung Kalian.
Program ini juga memberi Kalian kebebasan untuk
menawarkan kepada situs-situs lain pilihan dalam hal bagaimana menempatkan link
mereka pada lebih dari satu situs pada saat yang bersamaan dan, yang terpenting,
mencari situs-situs lain untuk bertukar link berdasarkan kata atau frasa yang
dicari. Kalian bisa mempelajari lebih banyak tentang Reciprocal Manager di: http://www.adsense-secrets.com/reciprocalmanager.html
Stomping The Search Engines. Kalian bisa
mempelajari lebih banyak tentang Stomping the search Engine di:
http://www.adsense-secrets.com/seoexpert.html
Ayo semangat..!!!! lanjutsaja ke Bab XVIII nya ya.!
Terimakasih / mator
skalangkong