10 February 2014

Mengontrol Iklan Kalian

BAB VI
Mengontrol Iklan Kalian

1. Menarik Iklan Yang Relevan.
Pemilihan warna dan penempatan yang tepat akan membantu meningkatkan CTR Kalian. Namun keduanya tak akan mempengaruhi iklan apa yang akan dimunculkan di halaman situs Kalian.
Secara teori, Google mengontrol iklan yang ditampilkan pada halaman situs Kalian. Kalian tak bisa
memilihnya sama sekali. Dalam praktiknya, ada beberapa hal yang masih bisa Kalian lakukan untuk menstop iklan tidak relevan agar tidak muncul dan memastikan bahwa Kalian mendapatkan
iklan yang menghasilkan uang bagi Kalian. Makin relevan iklan tersebut, makin besar pula peluang seorang pengunjung akan meng-klik dan Kalian pun menghasilkan uang. Faktor yang terpenting tentu saja adalah konten situs Kalian. Robot Google akan mencek situs Kalian dan menyediakan iklan berdasarkan kata kunci dan konten halaman situs Kalian. Perlu diingat baik-baik bahwa robot Google tak mampu membaca grafis/gambar atau Flash atau tetek bengek lainnya yang tidak berbentuk
teks. Aku akan membahas tentang konten secara rinci pada bab 8, namun untuk sekarang ini, ingatlah jika Kalian ingin tetap menjaga agar iklan yang ditampilkan di halaman situs Kalian relevan, Kalian harus memiliki halaman situs yang dapat dimengerti dan digunakan oleh Google untuk mendatangkan iklan yang Kalian inginkan.
2. Jagalah Agar Judul, Direktori dan Headline Relevan
Bagaimana persisnya robot Google membaca halaman situs adalah rahasia perusahaan yang sangat tertutup rapat sebagaimana halnya Coca Cola merahasiakan formula sirup istimewanya. Namun, salah satu unsur yang tampaknya memiliki efek adalah judul URL dan nama file Kalian.
Jika Kalian membuat halaman situs Kalian dan melihatnya di layar monitor Kalian sebelum meng-upload ke server, hendaknya Kalian sadari bahwa AdSense menampilkan iklan yang berkaitan dengan nama direktori yang menyimpan halaman situs tersebut. Dari sini kita bisa mendapat isyarat yang sangat penting mengenai paling tidak salah satu hal yang dilihat oleh Google: nama direktori.
Sesungguhnya, bukan hanya nama direktori itu saja yang penting. Nama file pun ikut berperan besar.
Jika Kalian punya sebuah situs web tentang wedding trains dan judul dari salah satu halaman situs Kalian adalah trains.php, misalnya, maka kemungkinan besar Kalian akan mendapatiklan tentang Amtrak dan Caltrain. Barangkali Kalian tak akan mendapat banyak klik dari iklan tersebut. Gantilah nama file tersebut dengan weddingtrains.php dan itu akan mendatangkan peluang yang lebih besar Kalian melihat iklan yang berkaitan dengan wedding / perkawinan. Jika Kalian mendapati iklan yang tampil di halaman situs Kalian tak ada kaitannya dengan konten Kalian, tempatpertama yang harus Kalian lihat adalah direktori dan judul Kalian. Jadikan kedua hal tersebut makin relevan dengan konten Kalian dan hendaknya pastikan benar agar Kalian memperoleh iklan yang lebih baik. Tempat lain yang perlu dilihat adalah headline Kalian. Gunakanlah <h1> tag dengan heading yang mengandung kata kunci Kalian dan bukannya <font> tag. Ini akan membantu headline Kalian tampak lebih menonjol di mata robot. Dan jika Kalian tak punya headline sama sekali, cobalah menambahkannya.
3. Menemukan Kata Kunci ( Keyword )
Kita tahu bahwa robot Google mencari situs web berdasarkan kata kunci, dan melaporkan balik dan memberitahu kepada perusahaan jenis iklan apa yang akan dikirim ke situs tersebut. Jika situs Kalian tentang rencana pensiun misalnya, maka kata kunci yang Kalian pakai mestinya seperti “retirement”, “401k” dan “pension”. Memiliki kata kunci yang tepat untuk situs Kalian bukan hanya akan menjadikan iklan Kalian relevan; ia juga akan membantu Kalian memastikan bahwa iklan yang Kalian terima adalah iklan dengan bayaran tertinggi. Tersedia bermacam-macam tool di web yang bisa membantu memberi informasi kepada Kalian tentang betapa orang-orang begitu siap membayar
untuk kata kunci. Sekali lagi, Kalian tentu tak ingin membuat sebuah situs hanya untuk mendapat uang dari kata kunci dengan bayaran tinggi namun jika Kalian tahu bahwa “401k” membayar lebih besar dibandingkan “retirement”, misalnya, maka memang masuk akal untuk menggunakan kata kunci yang bayarannya lebih tinggi dibandingkan kata kunci yang bayarannya lebih rendah.
4. Kerapatan Kata kunci ( Keyword Density )
Kalian memerlukan kata kunci yang tepat untuk mendapatkan iklan yang tepat. Namun Kalian pun memerlukan jumlah kata kunci yang tepat. Tak ada aturan baku dalam hal berapa jumlah yang tepat dalam memasang kata kunci dalam sebuah halaman situs agar bisa mendapat iklan yang Kalian inginkan. Kalian hanya perlu bereksperimen. Agaknya kerapatan kata kunci dihitung di seluruh halaman situs tersebut, khususnya untuk kata kunci dengan bayaran tinggi. Jika Kalian punya situs
yang secara umum kontennya tentang mobil dan Kalian menulis satu halaman tentang “car rental”, sebuah kata kunci dengan bayaran tinggi, barangkali akan Kalian temukan bahwa Kalian perlu membuat beberapa halaman tentang car rental / penyewaan mobil sebelum Kalian bisa
mendapat iklan. Namun secara umum, jika Kalian mendapati bahwa iklan Kalian tidak pas dengan halaman situs Kalian dan bahwa judul Kalian semuanya sudah benar, maka langkah berikutnya adalah mengusahakan agar kata kunci yang Kalian pakai disebutkan lebih sering lagi dan pastikan bahwa penggunaannya benar-benar fokus. Contoh, bicara soal “fire extinguishers” (pemadam kebakaran) tampaknya akan mendatangkan hasil yang lebih baik bagi Kalian dibandingkan pembicaraan umum tentang “safety equipment” (perlengkapan keselamatan).
5. Penempatan Kata Kunci
Agaknya tidak begitu masalah di mana Kalian mesti meletakkan kata kunci pilihan Kalian kan? Selama kata-kata yang tepat berada di halaman yang tepat dengan jumlah yang tepat, maka itu sudah cukup agar Kalian bisa mendapat iklan yang relevan, gitu kan? Salah. Salah satu hasil paling aneh dari orang-orang yang menggunakan AdSense selama ini adalah dengan meletakkan kata kunci pada tempattempat tertentu maka akan dapat menimbulkan efek pada iklan yang diperoleh oleh situs tersebut. Berdasar pengalaman aku, tempat paling penting di halaman web Kalian adalah langsung di bawah kotak AdSense.Kata kunci yang Kalian letakkan di sana dapat mempengaruhi iklan Kalian. Misalnya, dengan menyebutkan badut pada spasi / ruang kosong yang langsung berada di bawah kotak AdSense dapat mendatangkan iklan tentang sirkus dan badut ke situs Kalian! Dengan mengingat ini baik-baik, Kalian dapat bermain-main dengan iklan Kalian dengan berbagai macam cara. Jika Kalian punya situs tentang camping, misalnya, mungkin Kalian menemukan bahwa Kalian mendapat banyak iklan tentang tenda dan kantong tidur, yang tentu saja bagus. Namun jika Kalian ingin memastikan bahwa salah satu atau dua iklan Kalian adalah tentang Yosemite atau rumah mobil, maka dengan menyebutkan kata kunci tersebut sekali atau dua kali di halaman yang langsung berada di bawah kotak AdSense dapat mendatangkan iklan tentang situs-situs yang berisi konten seperti itu. Tapi ingat baik-baik, bahwa kerapkali Kalian akan menemukan bahwa iklan yang Kalian dapat adalah iklan yang berusaha menggabungkan kekuatan utama situs Kalian dengan kata-kata yang terdapat pada spasi di bawah kotak iklan. Maka jika Kalian punya situs tentang gardening dan Kalian menyebut “cabbage” di bawah kotak iklan, maka Kalian kemungkinan besar mendapat iklan tentang cara menanam kubis dibandingkan tentang resep masakan dengan kubis. Dengan bereksperimen dalam hal penempatan kata kunci dapat membantu Kalian untuk mengontrol paling sedikit satu atau dua iklan yang Kalian terima dan menjaganya agar senantiasa bervariasi. Itulah hal yang pasti harus dicoba.
6. Bingkai Kata Kunci ( Keyword Frames )
Salah satu alasan kenapa situs web tak selalu mendapat iklan yang relevan, bisa jadi penyebabnya adalah semua panel navigasi dan kata-kata lainnya yang tak sesuai dengan konten berpengaruh pada cara Google dalam membaca halaman situs tersebut. Jika link-link Kalian dan kata-kata lainnya banyak makan ruang, maka dapat membelokkan hasil Kalian. Salah satu cara untuk mencegah agarnavigasi Kalian tidak berpengaruh pada iklan Kalian adalah cukup dengan membuat bingkai. Kalian meletakkan semua konten Kalian ke dalam bingkai / frame utama dan materi untuk navigasi di dalam bingkai yang terpisah. Hanya “bingkai berisi konten” saja yang dipasangi kode Google
(google_page_url=document.location), maka kata kunci kunci Kalian tak akan larut ke dalam kata-kata yang tak relevan.
7. Jangan ‘Memancing’!
Aku seringkali meng-klik sebuah situs web yang ‘menjanjikan’, hanya untuk menemukan setumpukan spam katakunci, yang berselang-seling dengan AdSense. Situs yang seperti ini membuat AdSense jadi tampak jelek. Keyword spam bisa saja mengakali search engine, namun para
pengunjung Kalian yang manusia beneran akan dikecewakan. Orang tak suka ‘dipancing’ oleh seorang web marketer. Tawarkanlah konten yang menjadikan kunjungan mereka berharga. Berkonsentrasilah pada apa yang menjadi kebutuhan dan keprihatinan / kerisauan para pengunjung Kalian dengan konten yang orisinil. Konten yang berkualitas membangun kepercayaan dan kesetiaan dan itu, pada gilirannya, membuat orang ingin meng-klik. Ranking di search engine bisa berubah, namun para pengunjung yang setia tetap akan datang kembali!
8. Mengganti Metatags
Tentu saja kini metatags tak lagi seperti dulu dan dalam AdSense, hampir tak ada pengaruhnya sama sekali. Ada peluang bagus bahwa jika tiba waktunya untuk memutuskan iklan yang relevan, metatags Kalian sama sekali tak berpengaruh. Aku tadi menyebutkan bahwa judul pada halaman Kalian yang akan berpengaruh. Agaknya hal sama juga begitu pada deskripsi. Tapi itu bukan berarti bahwa metatags Kalian sama sekali tak relevan jika berkaitan dengan AdSense. Tidak demikian. Metatags hanya tak relevan dalam hal iklan yang ditampilkan; namun masih memiliki peranan dalam hal optimasi di search engine dan agar situs Kalian di-indeks lebih cepat.
9. Mengundang Robot
Sejauh ini dalam bab ini, aku telah menjelaskan beberapa cara di mana Kalian dapat memoles halaman situs Kalian agar iklan yang terpasang tetap relevan. Namun perubahan-perubahan yang Kalian lakukan tak akan berdampak apa pun hingga robot Google mampir ke situs Kalian dan mengindeks ulang situs Kalian. Yang umumnya terjadi adalah bahwa setelah Kalian meng-upload halaman baru, Kalian masih mendapati halaman yang lama dan Kalian harus menunggu beberapa waktu sebelum robot mengunjunginya lagidan Kalian bisa mengetahui apakah perubahan yang Kalian buat mendatangkan hasil yang diinginkan. Agar robot mau mampir lebih cepat, reload-lah halaman pada browser Kalian, dan lakukan lagi beberapa menit setelah itu. Jangan meng-klik iklan
apa pun, cukup reload saja dan tunggulah beberapa menit sebelum mengulangi lagi. Mestinya Kalian akan mendapatkan beberapa iklan baru dalam waktu beberapa menit saja.
10. Iklan Layanan Masyarakat
Hukuman yang Kalian terima karena tidak menempatkan kata kunci dan kerapatannya dengan tepat bukan hanya mendapat iklan yang tak relevan saja. Bisa juga tak ada iklan sama sekali. Jika Google tak dapat menemukan iklan yang relevan untuk situs Kalian, ia bisa menggunakan spasi Kalian untuk menampilkan iklan layanan masyarakat, yang tentu saja sangat manis namun tak akan menghasilkan uang sepeserpun bagi Kalian. Barangkali Kalian lebih suka mendapat uang dan mendermakannya ke
tempat-tempat yang Kalian pilih sendiridibandingkan memberikan ruang kosong di situs Kalian kepada Google untuk memasang iklan layanan masyarakat. Cara yang paling tepat dalam mengatasi masalah ini adalah dengan menyediakan URL alternatif jika sampai terjadi Google tak memiliki iklan
yang sesuai untuk Kalian. Kalian dapat melakukannya dengan account AdSense Kalian. Daripada memasang link Palang Merah atau apa pun itu, Kalian akan menerima sebuah link ke sebuah situs yang telah Kalian tentukan sebelumnya. Kalian juga dapat menggunakan Google Backfill, sebuah layanan yang sangat rapi yang memberi Kalian keleluasaan untuk memilih kata kunci yang relevan dengan situs Kalian dan menampilkan iklan yang tepat sasaran dibandingkan iklan layanan masyarakat atau alternatif URL Kalian. Mereka akan mengepaskan dengan warna dan style Kalian dan membagi pendapatan 50:50. Semuanya tak bertentangan dengan syarat dan ketentuan Google dan bisa menjadi alternatif yang bagus daripada tak mendapat penghasilan sama sekali padahal kata kunci Kalian sudah tetap / fixed. Layanan ini tersedia di www.allfeeds.com
11. Memblok Iklan
Terakhir, cara terakhir untuk mengontrol iklan yang Kalian lihat di situs Kalian adalah dengan memblok iklan-iklan yang tak Kalian inginkan. Google memberi Kalian limit 200 URL untuk diblok, tentu saja tak cukup. Kalian barangkali segera bisa merasakan bahwa jatah yang tersedia segera
habis, khususnya jika Kalian berusaha memblok iklan dengan bayaran rendah agar yang tampil hanya iklan dengan bayaran tinggi saja. Bermainmain dengan kata kunci, konten, dan penempatan akan mendatangkan hasil yang lebih baik bagi Kalian.

Ayo semangat..!!!! lanjutsaja ke Bab VII nya ya.!

Terimakasih / mator skalangkong

ViralGen Referral Shopping

ViralGen Referral Shopping