BAB VI
Mengontrol Iklan Kalian
1. Menarik Iklan Yang Relevan.
Pemilihan warna dan penempatan yang
tepat akan membantu meningkatkan CTR Kalian. Namun keduanya tak akan
mempengaruhi iklan apa yang akan dimunculkan di halaman situs Kalian.
Secara teori, Google mengontrol
iklan yang ditampilkan pada halaman situs Kalian. Kalian tak bisa
memilihnya
sama sekali. Dalam praktiknya, ada beberapa hal yang masih bisa Kalian lakukan
untuk menstop iklan tidak relevan agar tidak muncul dan memastikan bahwa Kalian
mendapatkan
iklan yang menghasilkan uang bagi
Kalian. Makin relevan iklan tersebut, makin besar pula peluang seorang pengunjung
akan meng-klik dan Kalian pun menghasilkan uang. Faktor yang terpenting tentu
saja adalah konten situs Kalian. Robot Google akan mencek situs Kalian dan
menyediakan iklan berdasarkan kata kunci dan konten halaman situs Kalian. Perlu
diingat baik-baik bahwa robot Google tak mampu membaca grafis/gambar atau Flash
atau tetek bengek lainnya yang tidak berbentuk
teks. Aku akan membahas tentang konten
secara rinci pada bab 8, namun untuk sekarang ini, ingatlah jika Kalian ingin
tetap menjaga agar iklan yang ditampilkan di halaman situs Kalian relevan,
Kalian harus memiliki halaman situs yang dapat dimengerti dan digunakan oleh
Google untuk mendatangkan iklan yang Kalian inginkan.
2. Jagalah Agar Judul, Direktori dan Headline Relevan
Bagaimana persisnya robot Google
membaca halaman situs adalah rahasia perusahaan yang sangat tertutup rapat
sebagaimana halnya Coca Cola merahasiakan formula sirup istimewanya. Namun,
salah satu unsur yang tampaknya memiliki efek adalah judul URL dan nama file
Kalian.
Jika Kalian membuat halaman situs Kalian
dan melihatnya di layar monitor Kalian sebelum meng-upload ke server, hendaknya
Kalian sadari bahwa AdSense menampilkan iklan yang berkaitan dengan nama
direktori yang menyimpan halaman situs tersebut. Dari sini kita bisa mendapat isyarat
yang sangat penting mengenai paling tidak salah satu hal yang dilihat oleh
Google: nama direktori.
Sesungguhnya, bukan hanya nama
direktori itu saja yang penting. Nama file pun ikut berperan besar.
Jika Kalian punya sebuah situs web
tentang wedding trains dan judul dari salah satu halaman situs Kalian adalah
trains.php, misalnya, maka kemungkinan besar Kalian akan mendapatiklan tentang
Amtrak dan Caltrain. Barangkali Kalian tak akan mendapat banyak klik dari iklan
tersebut. Gantilah nama file tersebut dengan weddingtrains.php dan itu akan
mendatangkan peluang yang lebih besar Kalian melihat iklan yang berkaitan
dengan wedding / perkawinan. Jika Kalian mendapati iklan yang tampil di halaman
situs Kalian tak ada kaitannya dengan konten Kalian, tempatpertama yang harus
Kalian lihat adalah direktori dan judul Kalian. Jadikan kedua hal tersebut
makin relevan dengan konten Kalian dan hendaknya pastikan benar agar Kalian memperoleh
iklan yang lebih baik. Tempat lain yang perlu dilihat adalah headline Kalian.
Gunakanlah <h1> tag dengan heading yang mengandung kata kunci Kalian dan
bukannya <font> tag. Ini akan membantu headline Kalian tampak lebih
menonjol di mata robot. Dan jika Kalian tak punya headline sama sekali, cobalah
menambahkannya.
3. Menemukan Kata Kunci ( Keyword )
Kita tahu bahwa robot Google
mencari situs web berdasarkan kata kunci, dan melaporkan balik dan memberitahu
kepada perusahaan jenis iklan apa yang akan dikirim ke situs tersebut. Jika
situs Kalian tentang rencana pensiun misalnya, maka kata kunci yang Kalian
pakai mestinya seperti “retirement”, “401k” dan “pension”. Memiliki kata kunci
yang tepat untuk situs Kalian bukan hanya akan menjadikan iklan Kalian relevan;
ia juga akan membantu Kalian memastikan bahwa iklan yang Kalian terima adalah
iklan dengan bayaran tertinggi. Tersedia bermacam-macam tool di web yang bisa
membantu memberi informasi kepada Kalian tentang betapa orang-orang begitu siap
membayar
untuk kata kunci. Sekali lagi,
Kalian tentu tak ingin membuat sebuah situs hanya untuk mendapat uang dari kata
kunci dengan bayaran tinggi namun jika Kalian tahu bahwa “401k” membayar lebih
besar dibandingkan “retirement”, misalnya, maka memang masuk akal untuk
menggunakan kata kunci yang bayarannya lebih tinggi dibandingkan kata kunci
yang bayarannya lebih rendah.
4. Kerapatan Kata kunci ( Keyword Density )
Kalian memerlukan kata kunci yang
tepat untuk mendapatkan iklan yang tepat. Namun Kalian pun memerlukan jumlah
kata kunci yang tepat. Tak ada aturan baku dalam hal berapa jumlah yang tepat
dalam memasang kata kunci dalam sebuah halaman situs agar bisa mendapat iklan
yang Kalian inginkan. Kalian hanya perlu bereksperimen. Agaknya kerapatan kata
kunci dihitung di seluruh halaman situs tersebut, khususnya untuk kata kunci
dengan bayaran tinggi. Jika Kalian punya situs
yang secara umum kontennya tentang
mobil dan Kalian menulis satu halaman tentang “car rental”, sebuah kata kunci dengan
bayaran tinggi, barangkali akan Kalian temukan bahwa Kalian perlu membuat
beberapa halaman tentang car rental / penyewaan mobil sebelum Kalian bisa
mendapat iklan. Namun secara umum,
jika Kalian mendapati bahwa iklan Kalian tidak pas dengan halaman situs Kalian
dan bahwa judul Kalian semuanya sudah benar, maka langkah berikutnya adalah
mengusahakan agar kata kunci yang Kalian pakai disebutkan lebih sering lagi dan
pastikan bahwa penggunaannya benar-benar fokus. Contoh, bicara soal “fire extinguishers”
(pemadam kebakaran) tampaknya akan mendatangkan hasil yang lebih baik bagi Kalian
dibandingkan pembicaraan umum tentang “safety equipment” (perlengkapan
keselamatan).
5. Penempatan Kata Kunci
Agaknya tidak begitu masalah di
mana Kalian mesti meletakkan kata kunci pilihan Kalian kan? Selama kata-kata
yang tepat berada di halaman yang tepat dengan jumlah yang tepat, maka itu
sudah cukup agar Kalian bisa mendapat iklan yang relevan, gitu kan? Salah.
Salah satu hasil paling aneh dari orang-orang yang menggunakan AdSense selama
ini adalah dengan meletakkan kata kunci pada tempattempat tertentu maka akan
dapat menimbulkan efek pada iklan yang diperoleh oleh situs tersebut. Berdasar
pengalaman aku, tempat paling penting di halaman web Kalian adalah langsung di
bawah kotak AdSense.Kata kunci yang Kalian letakkan di sana dapat mempengaruhi iklan
Kalian. Misalnya, dengan menyebutkan badut pada spasi / ruang kosong yang langsung
berada di bawah kotak AdSense dapat mendatangkan iklan tentang sirkus dan badut
ke situs Kalian! Dengan mengingat ini baik-baik, Kalian dapat bermain-main
dengan iklan Kalian dengan berbagai macam cara. Jika Kalian punya situs tentang
camping, misalnya, mungkin Kalian menemukan bahwa Kalian mendapat banyak iklan
tentang tenda dan kantong tidur, yang tentu saja bagus. Namun jika Kalian ingin
memastikan bahwa salah satu atau dua iklan Kalian adalah tentang Yosemite atau
rumah mobil, maka dengan menyebutkan kata kunci tersebut sekali atau dua kali di
halaman yang langsung berada di bawah kotak AdSense dapat mendatangkan iklan
tentang situs-situs yang berisi konten seperti itu. Tapi ingat baik-baik, bahwa
kerapkali Kalian akan menemukan bahwa iklan yang Kalian dapat adalah iklan yang
berusaha menggabungkan kekuatan utama situs Kalian dengan kata-kata yang
terdapat pada spasi di bawah kotak iklan. Maka jika Kalian punya situs tentang
gardening dan Kalian menyebut “cabbage” di bawah kotak iklan, maka Kalian kemungkinan
besar mendapat iklan tentang cara menanam kubis dibandingkan tentang resep
masakan dengan kubis. Dengan bereksperimen dalam hal penempatan kata kunci
dapat membantu Kalian untuk mengontrol paling sedikit satu atau dua iklan yang Kalian
terima dan menjaganya agar senantiasa bervariasi. Itulah hal yang pasti harus
dicoba.
6. Bingkai Kata Kunci ( Keyword Frames )
Salah satu alasan kenapa situs web tak
selalu mendapat iklan yang relevan, bisa jadi penyebabnya adalah semua panel
navigasi dan kata-kata lainnya yang tak sesuai dengan konten berpengaruh pada
cara Google dalam membaca halaman situs tersebut. Jika link-link Kalian dan kata-kata
lainnya banyak makan ruang, maka dapat membelokkan hasil Kalian. Salah satu
cara untuk mencegah agarnavigasi Kalian tidak berpengaruh pada iklan Kalian
adalah cukup dengan membuat bingkai. Kalian meletakkan semua konten Kalian ke dalam
bingkai / frame utama dan materi untuk navigasi di dalam bingkai yang terpisah.
Hanya “bingkai berisi konten” saja yang dipasangi kode Google
(google_page_url=document.location),
maka kata kunci kunci Kalian tak akan larut ke dalam kata-kata yang tak
relevan.
7. Jangan ‘Memancing’!
Aku seringkali meng-klik sebuah
situs web yang ‘menjanjikan’, hanya untuk menemukan setumpukan spam katakunci,
yang berselang-seling dengan AdSense. Situs yang seperti ini membuat AdSense
jadi tampak jelek. Keyword spam bisa saja mengakali search engine, namun para
pengunjung Kalian yang manusia
beneran akan dikecewakan. Orang tak suka ‘dipancing’ oleh seorang web marketer.
Tawarkanlah konten yang menjadikan kunjungan mereka berharga. Berkonsentrasilah
pada apa yang menjadi kebutuhan dan keprihatinan / kerisauan para pengunjung
Kalian dengan konten yang orisinil. Konten yang berkualitas membangun kepercayaan
dan kesetiaan dan itu, pada gilirannya, membuat orang ingin meng-klik. Ranking
di search engine bisa berubah, namun para pengunjung yang setia tetap akan datang
kembali!
8. Mengganti Metatags
Tentu saja kini metatags tak lagi
seperti dulu dan dalam AdSense, hampir tak ada pengaruhnya sama sekali. Ada peluang
bagus bahwa jika tiba waktunya untuk memutuskan iklan yang relevan, metatags
Kalian sama sekali tak berpengaruh. Aku tadi menyebutkan bahwa judul pada
halaman Kalian yang akan berpengaruh. Agaknya hal sama juga begitu pada
deskripsi. Tapi itu bukan berarti bahwa metatags Kalian sama sekali tak relevan
jika berkaitan dengan AdSense. Tidak demikian. Metatags hanya tak relevan dalam
hal iklan yang ditampilkan; namun masih memiliki peranan dalam hal optimasi di
search engine dan agar situs Kalian di-indeks lebih cepat.
9. Mengundang Robot
Sejauh ini dalam bab ini, aku telah
menjelaskan beberapa cara di mana Kalian dapat memoles halaman situs Kalian agar
iklan yang terpasang tetap relevan. Namun perubahan-perubahan yang Kalian
lakukan tak akan berdampak apa pun hingga robot Google mampir ke situs Kalian
dan mengindeks ulang situs Kalian. Yang umumnya terjadi adalah bahwa setelah
Kalian meng-upload halaman baru, Kalian masih mendapati halaman yang lama dan
Kalian harus menunggu beberapa waktu sebelum robot mengunjunginya lagidan
Kalian bisa mengetahui apakah perubahan yang Kalian buat mendatangkan hasil
yang diinginkan. Agar robot mau mampir lebih cepat, reload-lah halaman pada
browser Kalian, dan lakukan lagi beberapa menit setelah itu. Jangan meng-klik
iklan
apa pun, cukup reload saja dan
tunggulah beberapa menit sebelum mengulangi lagi. Mestinya Kalian akan
mendapatkan beberapa iklan baru dalam waktu beberapa menit saja.
10. Iklan Layanan Masyarakat
Hukuman yang Kalian terima karena
tidak menempatkan kata kunci dan kerapatannya dengan tepat bukan hanya mendapat
iklan yang tak relevan saja. Bisa juga tak ada iklan sama sekali. Jika Google
tak dapat menemukan iklan yang relevan untuk situs Kalian, ia bisa menggunakan spasi
Kalian untuk menampilkan iklan layanan masyarakat, yang tentu saja sangat manis
namun tak akan menghasilkan uang sepeserpun bagi Kalian. Barangkali Kalian
lebih suka mendapat uang dan mendermakannya ke
tempat-tempat yang Kalian pilih
sendiridibandingkan memberikan ruang kosong di situs Kalian kepada Google untuk
memasang iklan layanan masyarakat. Cara yang paling tepat dalam mengatasi
masalah ini adalah dengan menyediakan URL alternatif jika sampai terjadi Google
tak memiliki iklan
yang sesuai untuk Kalian. Kalian
dapat melakukannya dengan account AdSense Kalian. Daripada memasang link Palang
Merah atau apa pun itu, Kalian akan menerima sebuah link ke sebuah situs yang
telah Kalian tentukan sebelumnya. Kalian juga dapat menggunakan Google
Backfill, sebuah layanan yang sangat rapi yang memberi Kalian keleluasaan untuk
memilih kata kunci yang relevan dengan situs Kalian dan menampilkan iklan yang
tepat sasaran dibandingkan iklan layanan masyarakat atau alternatif URL Kalian.
Mereka akan mengepaskan dengan warna dan style Kalian dan membagi pendapatan
50:50. Semuanya tak bertentangan dengan syarat dan ketentuan Google dan bisa
menjadi alternatif yang bagus daripada tak mendapat penghasilan sama sekali
padahal kata kunci Kalian sudah tetap / fixed. Layanan ini tersedia di
www.allfeeds.com
11. Memblok Iklan
Terakhir, cara terakhir untuk
mengontrol iklan yang Kalian lihat di situs Kalian adalah dengan memblok
iklan-iklan yang tak Kalian inginkan. Google memberi Kalian limit 200 URL untuk
diblok, tentu saja tak cukup. Kalian barangkali segera bisa merasakan bahwa
jatah yang tersedia segera
habis, khususnya jika Kalian
berusaha memblok iklan dengan bayaran rendah agar yang tampil hanya iklan
dengan bayaran tinggi saja. Bermainmain dengan kata kunci, konten, dan
penempatan akan mendatangkan hasil yang lebih baik bagi Kalian.
Ayo semangat..!!!! lanjutsaja ke Bab VII nya ya.!
Terimakasih / mator
skalangkong