BAB IV
Gunakan Warna Untuk Meningkatkan Klik
1 Mendisain Situs Web Kalian Guna Menyoroti AdSense
Tapi Kalian perlu memastikan bahwa
penampilan halaman situs Kalian menarik perhatian ke arah iklan – dan menjadikannya
tampak semenarik dan begitu berharganya. Kebanyakan situs web memiliki unsur
grafis atau gambaryang menonjol, biasanya dengan mengorbankan iklan AdSense
yang terpasang. Jika Kalian menggunakan AdSense, lakukanlah pertimbangan yang matang
dalam memilih font, ukuran font, warna, gambar, tabel, dan aspekaspek visual lainnya
dari situs web Kalian. Buatlah perhatian
yang halus ke arah iklan AdSense Kalian.
2. Hilangkan Border Dari Pkalianngan!
Dengan polesan sederhana ini Kalian
bisa menaikkan CTR Kalian hingga dua kali lipat lebih! Bahkan sebelum lahirnya
Internet, iklan-iklan di koran dan majalah dibatasi dengan border yang tebal.
Tak heran bila kini border dan kotak telah menjadi simbol pesan iklan. Iklan
dengan border yang menonjol membuat halaman situs Kalian tampak tidak rapi.
Bisa membingungkan mata pengunjung dari teks iklan. Google menyediakan pilihan
warna yang luas di administrative area Kalian. Gunakanlah untuk memoles
penampilan iklan Kalian agar serasi dengan halaman situs web Kalian.Cukup satu kali klik saja, Kalian
dapat menyerasikan warna border iklan Kaliandengan warna latar belakang halaman
situs web Kalian. Tatkala border membaur dengan latar belakang,maka ruangan pun
terasa lebih longgar. Halaman situs segera tampak lebih rapi dan iklan pun
tampak lebih mengundang. Pastikan juga bahwa Kalian memilih warna latar
belakang yang pas untuk iklannya. Warna latar belakang iklan harus pas dengan
latar belakang halaman situs di mana iklan tersebut akan ditampilkan. Jika
iklan tersebut tampil dalam sebuah tabel, serasikan latar belakang tabel dengan
latar belakang iklan. Kuncinya adalah untukmembaurkan warna latar belakang dan
border dengan halaman situs, sehingga teks iklannya tampak seperti bagian yang
menyatu dengan konten web Kalian.
3. Teks Pun Adalah Disain!
Benar : ukuran teks, font, warna,dan
warna iklan Kalian harus pas dengan unsur-unsur teks lainnya. Jika warna teks
iklan sama dengan teks di bagian body halaman situs Kalian, maka hal itu
membantu iklan untuk membaur ke dalam situs dan membuat pembaca merasa bahwa
Kalian telah menyokong iklan tersebut. Dan jika ukuran font pada iklan sama dengan
ukuran main body konten, itu pun akan memiliki efek yang sama. membuat iklan
tersebut tampak bagi kalian dari situs Kalian dan bukan sesuatu yang
didatangkan dari Google. Dengan kata lain, gunakan warna untuk memastikan bahwa
iklan Kalian tidak tampak seperti iklan!
4. Biru Adalah Warna Terbaik
Kalian ingin menghilangkan border.
Kalian ingin iklan Kalian memiliki warna yang sama dengan teks lainnya di halaman
situs Kalian dan latar belakangnya juga pas dengan latar belakang halaman situs
web Kalian. Tapi bagaimana dengan link-nya, garisyang biasanya akan di-klik
oleh pengunjung? Sebaiknya pakai warna apa? Jawabannya mudah : biru. Tadi aku
bilang bahwa semua teks di dalam iklan hendaknya pas dengan teks di halaman
situs Kalian, termasuk link-nya. Logikanya adalah bahwa para pengunjung sudah terbiasa mengira bahwa link
yang terdapat pada situs web adalah berwarna biru. Sebagaimana halnya mereka
sudah terbiasa mengira bahwa berhenti adalah
merah dan peringatan berwarna kuning,
maka mereka juga terbiasa mengira bahwa link berwarna biru. Itu artinya
orang-orang cenderung meng-klik link yang berwarna biru
dibandingkan link yang berwarna
lain. Baris kode dalam AdSense Kalian untuk menyeting warna link adalah: Google_color_link
= “#color”;
“#color” adalah angka heksadesimal
untuk warna yang ingin Kalian pakai. Kalian hendaknya memastikan bahwa angkanya
#0000FF. Pertahankan warna link Kalian tetap biru dan Kalian dapat mengalami peningkatan
CTR setinggi 25 persen!
5. Kemana Perginya URL Aku?
Kalian dapat mengubah warna teks
Kalian dan Kalian dapat memastikan bahwa link-link Kalian berteriak, “SITUS
ONLINE TERBAIK!” Namun Kalian masih harus menampilkan URL. Itu adalah salah
satu aturan main Google. Namun Kalian tidak harus menampilkannya di mana orang
bisa melihatnya. Salah satu trik yang sah untuk membuat link click-through
kurang begitu
mencolok adalah mengubah warna penampilan
URL agar pas dengan warna teks deskripsi. Kini link tersebut akan membaur ke
dalam deskripsi teks dan mata akan tertarik ke hyperlink daripada ke URL.
Google menyediakan tool ini untuk Kalian. Kenapa tidak menggunakannya?
Perhatikan bahwa 728 x 90 leaderboard
dan 468 x 60 banner tidak menampilkan baris URL dengan disain Google. Itu
bukanlah suatu kesalahan dan Kalian tak akan mengalami masalah karena URL-nya
tidak tampak dengan blok-blok iklan ini. Memang demikian adanya.
6. Sengaja Dibikin Tidak Pas
Tatkala bicara soal pilihan warna, aku
merekomendasikan 3-Way Matching dan menggunakan warna biru untuk link. Namun
ada strategi lain yang dapat Kalian gunakan. Kalian dapat dengan sengaja
membuat warna dan style iklan Kalian tidak “match”, asalkan Kalian menempatkan
pada bagian paling atas halaman situs Kalian.
Perbedaan ini menghasilkan dua ‘zona’
yang sangat kuat dan dengan demikian dua jenis pengalaman bagi para pengunjung.
Zona pertama adalah senantiasa di bagian paling atas halaman situs pertama, di
atas banner situs utama. Warna judul dan teksnya match dengan warna yang
terdapat di dalam banner graphic heading. (Penting link URL tersembunyi, maka
hanya teks iklan tertentu saja yang
membolehkan Kalian melakukan hal
ini.) Hasil akhirnya adalah bahwa iklan ini yang ditempatkan di atas banner graphic
tampak seperti poin-poin kontrol kunci situs Kalian dan cenderung
untuk di-klik. Para pengunjung
merasa mereka sedang mengunjungi area utama lain dari situs tersebut.
Ayo semangat..!!!! lanjut saja ke Bab V nya ya.!
Terimakasih / mator
skalangkong